Minggu, 04 November 2007

Analisis Kemasan Kertas Rokok Djanoko

tampak depan dan belakang


Bukaan Kemasan

Nama Produk : KERTAS ROKOK DJANOKO
Nama Produsen : -
Alamat Produk : -
Jenis Produk : Kertas rokok
Jenis Rancangan : Kemasan

Lembaga berwenang : -
No Merk Dagang : 78047

Visual yang tampak : Tokoh wayang Djanoko, list boder tradisional, pita bertuliskan DJANOKO dan gambar padi, wanita berkebaya dan janur, logo produk berupa djanoko dengan padi dibawahnya, tulisan berupa bahasa inggris yaitu spesial, long dan size, 1 bagian belakang kertas kemasan berwarna merah putih.

Budaya yang mempengaruhi : Indonesia, terlihat dari adanya gambar wanita berkebaya, wayang djanoko, jaur dan padi. sedangkan pengaruhbudaya barat tampak dari gambar pita dan kata dengan bahasa inggris yaitu spesial, long dan size.

Ekspresionistik : teknik penggambaran lebih real, pewarnaan seperti warna CMYK maka diperkirakan kemasan ini dicetak dengan teknik offset. Masih ada komposisi simetris. Pengaruh dari barat cukup kelihatan dengan penggunaan bahasa Inggris dan pita. tetapi produk ini terlihat merupakan produk indonesia yang bersifat tradisional karena masih menggunakan elemen-elemen berbau Indonesia seperti tokoh wayang Djanoko dan adanya gambar wanita berkebaya dengan janur di sebelahnya serta pemakaian warna merah putih pada salah satu bagian kemasan belakangnya.

Instrumentalistik : adanya percampuran 2 budaya Indonesia dengan Barat ( Inggris). Diperkirakan sudah diproduksi di tahun yg banyak kemajuan. terlihat dari warna kemasan dengan warna cmyk, diperkirakan teknik pencetakan dengan cara offset, pada jaman itu mungkin mulai berkembang percetakan. Adanya pengaruh kuat dari barat membuat produk ini menggunakan elemen yang berbau barat dan orang-orang melihat bahwa sesuatu yg berbau barat itu lebih modern.

Tidak ada komentar: