Selasa, 06 November 2007

Perpustakaan Nasional


Kemarin tgl 5 November 2007, saya datang ke Perpustakaan Nasional. Setibanya disana saya bingung harus masuk lewat mana. Akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti orang sampai masuk ke lobby. Di lobby, saya bertanya kepada bagian informasi bagaimana cara membaca buku disana. Kemudian ia menjelaskan bahwa saya terlebih dahulu harus mendaftarkan diri ke tempat pendaftaran yang ada di ada di sekitar sana.
Bagian pendaftaran di lantai 1, saya dilayani oleh bapak Adonis, ia seorang yang ramah. Setiap pertanyaan saya dijawab dengan ramah. Setelah registrasi selesai, saya mengisi daftar anggota yang ada di bagian informasi tadi. Kemudian saya diberitahukan bahwa untuk mencari buku, saya harus naik ke lantai 2.

Di lantai 2 saya bingung sekali karena buku disana sangat sedikit tidak seperti perpustakaan biasa. Saya bertanya kepada bagian layanan katalog. Disana saya dibantu oleh ibu Rini, ia sedikit galak, tapi baik. Ia meminta saya mencari buku yang dimau di katalog online yang tidak jauh dari sana.. Saya mencari tentang packaging, tapi tidak menemukannya. Kemudian saya mencari ttg jamu. Saya menemukan 2 buku yang mungkin bermanfaat. Saya juga mencari buku ttg ginseng, tapi tidak juga menemukannya. Saya pun bertanya kepada ibu Rini mengapa buku yang saya cari hampir tidak ada. Lalu ia mencoba mambantu saya, tetapi tetap saja tidak ditemukan. Jadi saya hanya mencatat kode 2 buku tentang jamu yang sudah saya temukan tadi di kertas Bon Permintaan Perpustakaan Nasional yang sudah tersedia.
Setelah itu saya menunjukkan bon tersebut pada ibu Rini. Ia mengatakan bahwa bonnya diserahkan di lantai 3.

Di lantai 3, saya memasukkan bon permintaan tadi ke sebuah kotak yang sudah disiapkan, lalu saya diminta menunggu di ruang baca. Kata petugasnya, buku tersebut akan diantar ke ruang baca. Ternyata di perpustakaan nasional, kita tidak mengambil buku sendiri, tetapi buku yang kita mau akan diambilkan oleh petugasnya.
Tak berapa lama, nama saya dipanggil, ternyata petugasnya mengatakan 2 buku yang saya cari ternyata tidak ada. Saya jadi bingung karena di perpustakaan nasional yang saya pikir bukunya lengkap ternyata saya tidak mendapatkan buku yang saya cari. Sungguh aneh.
Karena jam 12 ada kuliah Tinjauan Desain, maka saya langsung meninggalkan perpustakaan nasional sekitar pukul 11.15. Ternyata jalanan sangat macet sehingga saya sampai di kampus pukul 13.25. Alhasil saya tidak mengikuti kelas Tinjauan Desain. Untungnya saya membawa bukti bon peminjaman buku td,dan menjelaskan kepada pak Adit alasan keterlambatan saya.

Semoga blog ini dapat berguna bagi teman-teman yang baru pertama kali ke Perpustakaan Nasional.

Berikut saya sertakan bukti Bon Permintaan. Terima Kasih.

Tidak ada komentar: