Selasa, 20 November 2007

arti huruf mandarin

ternyata sudah diposting keterangan mengenai huruf mandarin yg terdapat pada kemasan aladina ini. mungkin akan diberikan tambahan karena data yg saya dapatkan dari ichong (paman) yang memang berasal dari Taiwan dan bisa tulisan dan huruf mandarin sedikit berbeda dari data teman saya yg sebelumnya.

kalimat di depan dibacakan sebagai : wan sou pu ta tin di lai ai (baca dari kanan ke kiri menjadi ai lai di tin ta pu sou wan).
ai lai di tin itu merupakan nama produknya sendiri yaitu A-la-di-na.
secara keseluruhan kalimat tersebut intinya mengatakan bahwa dengan meminum obat ini maka dapat panjang umur.

bagian belakang ;

atas horisontal : wan tje li pu chin pu ( bacanya dibalik juga menjadi pu chin pu li tje wan).
pu : menambah
chin : segar
li : tenaga
tje wan : paling bagus
keseluruhannya diartikan menjadi obat ini paling bagus, menambah segar dan menambah tenaga. Misalkan setelah cape dengan minum obat ini maka akan menjadi merasa segar dan bertenaga kembali.

vertikal kanan : kau chi pu phin ( atas ke bawah )
kau chi : bagus
pu phin : pil/ kapsul / obat
keseluruhannya diartikan menjadi obat / kapsul yang paling baik/ bagus/ berkhasiat

vertikal kiri : fu fa lei shiang ( atas ke bawah )
secara keseluruhan diartikan bhawa aturan dosis pemakaian obat ini berada di dalam kemasan.


itu data yang saya dapat dari ichong (paman) saya. karena bahasa indonesianya juga masih kurang bagus, dibantu juga dengan kenalan ichong saya yang membantu menerjemahkannya ke dalam bahasa indonesia. pengejaan yang benarpun belum pasti sekali. namun secara garis besar demikianlah arti dari huruf mandarin yg ada pada kemasan ini.

mungkin nanti akan saya lengkapi datanya dan mengoreksi jikalau ada kesalahan dalam pengejaan kalimatnya..
gambarnya dapat dilihat di posting sebelumnya karena ada kesulitan dalam pemasukan gambar saat ini.

Tidak ada komentar: