Selasa, 20 November 2007

Kemasan dan Warna

Sedikit tambahan tentang warna dan bentuk kemasan Aladina.
Setelah mencari bahan kami menemukan pembahasan dari saudara Fidel Bustami yang berasal dari Bidang Komunikasi dan Pendidikan Masyarakat Coremap tentang bentuk kemasan serta makna yang terdapat didalamnya berserta dengan warna yang digunakan. Kami memotong beberapa bahasannya yang berkaitan dengan desain kemasan yang sedang kami bahas yaitu Aladina.
Pembahasanya terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu
Dari bentuk dasar kotak : - keteraturan, logis, keamanan
                                              - dasar dari objek 3 dimensi yang berarti berat, massa dan kepadatan.
         penambahan bentuk lingkaran juga memberikan kesan presepsi kehangatan dan rasa          aman. Dalam hal ini berupa lambang untuk jamu dan juga gorilla.
Dari warna yang digunakan : - Merah ( energi, power, kehangatan, cinta, nafsu, agresi, bahaya )                                                       yang bila dikombinasikan dengan warna putih akan memiliki                                                       makna bahagia dalam budaya oriental.
                                                   - Biru ( kepercayaan, konservatif, keamanan, teknologi,                                                       kebersihan, keteraturan ) yang menjadi warna dasar dari Aladina
                                                   - Kuning ( optimis, harapan, kepercayaan ) yang terdapat pada                                                       jahe dan gambar sang Budha sendiri.
                                                   - Hijau ( alami, sehat, keberuntungan, pembaharuan ) yang                                                       mendapat sedikit prosi dalam desain kemasan Aladina.
Dari jenis warna yang digunakan juga memberikan kesan yang berbeda seperti warna biru                   pastel pada budaya Korea dianggap sebagai tanda kepercayaan.
Yang bisa disimpulkan sekaramg adalah semua pembahasan yang tertulis diatas merupakan penggambaran / penjelasan yang memang mewakili image Aladina sendiri yang terdiri dari berbagai macam warna yang juga merupakan simbol dari pencampuran yang ada.
Untuk sementara ini yang bisa kami simpulkan dulu.
Tunggu posting selanjutnya y !!!

Tidak ada komentar: