Jumat, 05 Oktober 2007

Kemasan Sigaret Kretek Beras Tuton






Nama Produk : Sigaret Kretek Beras Tuton
Nama Produsen : Pabrik Rokok PUSAKA HIDUP
Alamat Produk : Semarang
Jenis Produk : Rokok
Jenis Rancangan : Kemasan

Lembaga berwenang : -
No Merk Dagang : 37618. 39111. 38120

Visual yang tampak : Background garis2 bergelombang warna merah, 2 wanita Indonesia (dilihat dari kebayanya) yang sedang menumbuk padi dan menampi, Tampian dan keranjang anyaman, ani2, font beragam dari font serif dan sanserif serta kaligrafi, bagian belakang gambar pabrik.

Budaya yang mempengaruhi : Indonesia, Barat(jelasnya belum diketahui)

Ekspresionistik : Kami agak kebingungan dengan penafsiran yg satu ini.. belum dapat data tentang beras tuton dengan detil.. dari namany beras tuton mungkin merupakan jenis beras dengan kualitas baik pada masa itu.. gambar wanita itu mungkin ingin menyampaikan bahwa produk ini khas indonesia, menggambarkan situasi pekerja wanita yg mengurus kegiatan pertanian saat itu. dari pencarian data tuton itu merupakan jenis rumput yang mengganggu, kaitannya mengapa diberi nama beras Tuton belum diketahui pasti. tapi sudah ditemukan pengusaha yang mendirikan pabrik pembuatan rokok ini.. so ditunggu y data selengkapnya.. Untuk gambar pabrik di belakangnya mungkin si pengusaha ingin memperlihatkan gambaran pabrik perusahaan tempat produksi rorok ini.  
Instrumentalistik : dari pengamatan kami terlihat adanya percampuran dua budaya Indonesia dengan Barat. Pemakaian bahasa asing DeLux dan sigaret mungkin merupakan percampuran budaya Belanda atau Inggris. dilihat juga dari warna kemasan dengan pilihan warna merah putih dan biru, seperti warna kebangsaan Belanda, tapi itu baru penafsiran sementara. Sigaret / rokok juga terkenal di luar sana dan karena budaya di Indonesia saat itu sudah bercampur maka masuklah  jenis sigaret dan dimodifikasi dengan budaya di rokok di Indonesia.

3 komentar:

puspitasari mengatakan...

numpang promo
kami punya produk tembakau srinthil rajangan panen kebun sendiri jika berminat hub 02476917186

Unknown mengatakan...

Tuton berasal dari kata Tutuan = Tumbukan
Bukan nama rumput yang mengganggu.

Unknown mengatakan...

beras tuton nikmat