Rabu, 12 September 2007

Analisa R1

By: Rudyanto

Ok akhirnya setelah 1 minggu gak jadi2 posting gara2 sakit radang lambung dan demam saya akhirnya bisa posting juga XD {wew mana pelajaran DKV juga jadi berantakan gara2 sakit, jadi bikin logo Pixy cosmetic yang maksa abezz deh (>o<)}. Gile cukup terkejut juga saya dengan desain obat kuat ini, bayangin coba, obat kuat pake image religius? (',')?? Wew, ok , cukup shocknya coba kita liat desain packaging aladina ini.

Coba kita lihat seksama layout dari packaging obat kuat ini, sangatlah teratur dan simetris. Saya berpendapat bahwa layout packaging tersebut simetris dikarenakan packaging tersebut memiliki hubungan dengan kebudayaan tionghoa yaitu dengan kepercayaan Tao. Tao adalah kepercayaan tionghoa yang sangat menekankan pada keharmonisan yang terbentuk dari keseimbangan antara yin dan yang. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa layout dari packaging ini menerapkan konsep keseimbangan dari tao yang merupakan budaya Tionghoa, namun saya masih cukup penasaran dan mencoba mencari tahu mengapa ditaruh sebuah lampu yang menggangu kesimetrisan dan keseimbangan layout packaging tersebut ya? (>,<) (bener deh maksa abis naro nya, mana nyempil gitu lagi).

Warna yang digunakan pada packaging ini mencerminkan budaya tionghoa, terutama warna merah yang digunakannya. Dari tulisan juga terlihat huruf-huruf mandarin yang sudah menunjukkan budaya tionghoa.Hal lain yang mencerminkan budaya tionghoa juga dapat kita lihat dari penggunaan image ginseng. Ginseng pada masyarakat tionghoa diyakini sebagai tumbuhan yang sangat berkhasiat dan dapat meningkatkan daya tahan dan vitalitas tubuh.

Dari segi nama saya penasaran mengapa untuk sebuah packaging yang mencerminkan budaya tionghoa kok dipakai nama Aladina? (',')? Menurut pendapat saya mungkin nama aladina dipakai untuk menyesuaikan dengan budaya orang Indonesia yang banyak terpengaruh dengan budaya arab, sehingga produk ini lebih bisa dikonsumsi segala lapisan dan golongan, tidak hanya dikonsumsi oleh masyarakat tionghoa yang minoritas pada saat itu. (ok, coba nanti saya cari tahu lagi mengenai hal ini)

Pada pojok atas sebelah kiri label ada gambar gorila yang menurut saya digunakan untuk menunjukkan kesan bahwa setelah minum obat kuat ini anda akan menjadi sekuat gorila.Ok itu untuk menunjukkan kesan kuatnya, tapi saya berpendapat penempatan gambar gorila itu menjadi berlebihan karena sudah ada image Buddha yang dipercaya kuat, melambangkan keabadian dan kesempurnaan yang lebih besar ukurannya dan berada di bagian tengah.

Wew udah malem neh, tugas MRG, DKV, Fodes maseh numpuk lagi, jadi sekian dulu deh.Tunggu posting berikutnya ya! Have a nice day 0(^o^)0

Tidak ada komentar: